Buku-buku saya dituding menjiplak tutorial worth1000.com

10:00 AM

aduh...ada-ada saja ulah oknum tidak bertanggung jawab satu ini. Udah email-nya palsu, pake ganti-ganti nama segala padahal IP adress-nya sama :) begitulah perilaku orang yang terlalu cepat menuduh tanpa menelusuri lebih lanjut, bawaannya emosi.

Saya akui, buku-buku manipulasi saya banyak terinspirasi dari situs www.worth1000.com. Dan sebagai informasi, saya merupakan member situs tersebut dan cukup aktif mengikuti kontes-kontes yang diadakan tiap harinya. Siapa identitas saya pada situs manipulasi foto tersebut tentunya rahasia donk :) Posting ini saya buat sebagai klarifikasi. Saya rasa beberapa manipulasi foto yang saya buat dalam buku 14 manipulasi foto Spektakuler dan 12 manipulasi foto WAH! photoshop BUKAN MENJIPLAK melainkan TERINSPIRASI. Memang betul ada banyak manipulasi foto di situs tersebut, namun tidak satupun user yang menerangkan tekniknya. Bagaimana saya mau menjiplaknya?



Kedua gambar cover buku di atas dituding jiplakan? padahal saya membuatnya dengan susah payah :( berulang kali gagal dan butuh kerja keras untuk menyusun tutorial "step by step" yang enak dibaca dan dapat dipahami oleh para pembaca sekalian. Jadi, bagi rekan saya yg entah siapa nama aslinya itu...sungguh kejam tuduhan Anda itu. Apakah Anda telah membaca kedua buku saya tersebut? sungguh tega bila Anda menghakimi kerja keras orang lain hanya karena prasangka, tanpa melihat lebih dalam, bagaimana isi kedua buku yang saya tulis tersebut :p

Adapun fasilitas tutorial pada situs tersebut bukan ditargetkan untuk pengguna awam, melainkan pengguna photoshop advanced ( tingkat lanjut ), sehingga langkah-langkah yang digunakan tidak detail, kebanyakan berupa konsep, bukan langkah "how to Step by step" sebagaimana gaya penuturan saya dalam buku-buku manipulasi foto yang sudah-sudah. Kalaupun ada langkah yang kebetulan sama, itu bukanlah kesengajaan. Melainkan memang mungkin hanya itulah langkah paling tepat yang saya ketahui saat ini untuk melakukan suatu manipulasi foto. Lagipula saya tidak menggunakan gambar sumber yang sama seperti yang digunakan dalam situs tersebut.

Kalau Anda tanpa sengaja melihat gambar yang sama persis sebagaimana yang dicetak dalam buku atau cover buku manipulasi foto, bisa jadi manipulasi foto yang terdapat pada situs worth1000.com tersebut merupakan kiriman penulis dan memang tesimpan disana sebagai arsip kontes yang dapat diakses oleh siapapun juga. Termasuk ANDA!

Saya harap informasi ini cukup jelas dan dapat dipahami oleh para pembaca buku saya sekalian. Harap diingat, TERINSPIRASI BUKAN MENJIPLAK. Semoga dapat meluruskan kesalahpahaman yang terjadi...

Salam manipulasi foto,

Jay

You Might Also Like

4 komentar

  1. wak, siapo yang ngomongke kau jiplak...gek kutunu uong tu...lemak bae kau njiplak...kau kan ngopi *lho ?*

    ReplyDelete
  2. duh, jagan ditunu (baca:dibakar) mas... mesti kepala dingin donk :D hehe3x ente jg ga sopan bilang ane "ngopi" dua buku itu aseli bikinan sendiri, contoh kasusnya memamg terinspirasi dari situs itu... tapi langkah2nya ane susun sendiri loooo... gimana, jadi mau ngasih ane mitan 10 liter :P

    ReplyDelete
  3. biarin aja orang mau ngomong apa bang..yang penting buku" abang bermanfaat..Salam kenaL bang :d

    ReplyDelete
  4. Seperti itulah kata pribahasa, Tong kosong nyaring bunyinya. Bisanya nyerang aja, karya sendiri sama sekali ga ada.

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Promosi