4 Tips Membuat Publikasi yang Efektif

7:44 PM

Publikasi merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan pemasaran dan promosi suatu event ataupun produk. Begitu banyaknya media publikasi dengan beragam desain saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi para desainer untuk membuat konsep desain yang efektif. Namun berbekal konsep yang matang saja tak cukup, desainer juga harus bekerja lebih keras untuk memuaskan audiens dan berkomunikasi dengan mereka dalam hal estetika dan tingkat emosional.
Inti dari desain publikasi adalah bagaimana seorang desainer mampu menyampaikan inti dari informasi yang hendak dikomunikasikan melalui komposisi desain yang pas, mulai dari warna, tipografi, hingga pemilihan gambar utama. Berikut tips untuk membuat desain publikasi yang mampu menyampaikan informasi secara efektif kepada audiens atau target sasaran.
1. Buat Headline Yang Menarik
Apakah sama reaksi audiens terhadap poster yang sekedar berjudul “Yuk Datang Ke Acara Menarik Ini” dengan judul yang lebih nyentrik seperti “Anda Bukan Pria? Jangan Datang Kesini!
Kedua headline diatas memiliki daya pikat yang berbeda. Judul yang bersifat normatif akan sulit untuk membuat audiens tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang disampaikan. Sedangkan judul yang kontroversial dan aneh malah dapat menarik perhatian mereka. Bila suatu publikasi telah mendapatkan perhatian khusus dari audiens, maka akan lebih mudah untuk mempengaruhi mereka untuk mencari tahu lebih lanjut tentang hal yang hendak ingin anda jual pada mereka.
2. Komposisi Warna yang Tepat
Sesuaikan dominasi warna background dengan warna font atau nuansa warna pada ilustrasi gambar. Desain yang mencolok memang dapat menarik perhatian, namun bila komposisi dan padu-padan warnanya tidak terkonsep dengan baik maka akan menimbulkan kesan murahan dan norak. Penerapan warna flat yang tidak terlalu banyak gradasi malah lebih disukai oleh orang-orang dan mampu menampikan informasi lebih jelas.

3. Jangan Terlalu Banyak Teks
Jangan salin seluruh deskripsi acara atau produk anda dalam poster atau media publikasi. Cukup sampaikan beberapa poin penting saja yang dapat mewakili seluruh informasi terkait acara atau produk anda. Publikasi yang terlalu banyak teks akan membuat pusing audiens dan membuat mereka malas untuk membacanya. Jangan lupa untuk mencantumkan website atau kontak informasi yang dapat diakses oleh audiens.

4. Pemilihan Font yang Sesuai
Untuk sebuah publikasi sebaiknya pilih huruf yang mudah dibaca dan simple. Karena huruf adalah komponen penyusun informasi yang disampaikan dalam publikasi. Kesalahan desainer pemula adalah mereka terlalu berhasrat untuk menunjukkan skill desain mereka dengan menampilkan berbagai efek-efek yang rumit dan mencolok. 
Padahal tidak semua desain dengan efek rumit itu selalu enak dipandang dan menarik perhatian. Terkadang justru desain dengan konsep minimalislah yang memiliki nilai estetika tinggi dan dapat menarik audiens dengan efektif.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi