Merge Layer Photoshop tanpa menghapusnya

2:07 AM


Ada kalanya Anda harus menggabungkan beberapa atau seluruh layer untuk kemudian di olah kembali, misalnya untuk dipertajam dengan perintah sharpen. Seperti yang kita ketahui (kita? Gw aja kali, elu enggak), menggabungkan layer sama artinya dengan menghapus layer-layer tersebut. Jadi bagaimanakah solusi yang tepat untuk masalah ini:

Menggabung seluruh layer tanpa harus menghapus semuanya?

too much layers to handle by a single na'vi
Pilihan solusi:
a.       Klik File> Merge All visible Layers
b.      Bikin file duplikat
c.       Uninstall Photoshop terus pake GIMP
d.      Bertanya dengan Ki Joko Bodo

HAH! Saya yakin Anda pasti mengira jawabannya adalah (D) atau pilihan ke empat! Sayang sekali karena jawaban yg nyaris benar adalah (B). *huuuuuuuuuu* Anda gagal mendapatkan 5 juta rupiah!
Solusinya adalah sebagai berikut:

ekspresi kekalahan

1.       Buat sebuah layer baru pada urutan paling atas dari tumpukan layer.

Membuat layer baru adalah hal mudah

2.       Pastikan layer baru ini terpilih, kemudian tekan Ctrl+Alt+Shift+E pada keyboard ( CMD+OPT+Shift+E untuk mac ).
3.       Perintah diatas akan menggabung semua layer ke dalam layer baru tersebut, namun layer lainnya akan tetap pada tempatnya.

tadaa... berhasil-berhasil!

Apabila jari-jari Anda belum terlatih untuk memencet empat tombol sekaligus (seperti saya, muahahahaha) maka kita gunakan cara lain, yaitu kombinasi antara satu tombol keyboard (yaitu ALT) dan klik pada menu.

Banyak jalan menuju roma, begadang bukan salah satunya
Saatnya saya bilang – sempurna ! 
the photoshop magic

You Might Also Like

4 komentar

  1. ini namanya image manipulation ya ?

    ReplyDelete
  2. ini namanya trik, gan!

    diinget-inget trik nya, siapa tau berguna nanti :)

    ReplyDelete
  3. gan kalo di unmerge ada ga caranya ?

    ReplyDelete
  4. Okee deh gann, nih mau dicoba dulu kalau gituu yaa

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Promosi