Efek Sketsa dengan Photoshop dalam 7 Langkah Mudah

11:06 AM

cover-tutorial
Pembaca blog pixelisme yang budiman, kali ini kita akan belajar bersama bagaimana mengubah foto menjadi sketsa menggunakan Photoshop. Efek ini sangat mudah untuk diaplikasikan pada foto koleksi pribadi Anda supaya terlihat lebih artistik dan nyeni. Sebagai bonus, tak lupa di akhir tutorial, saya berikan sedikit tips bila menginginkan efek sketsa berwarna.

Hal hal yang diperlukan:

Siapkan foto yang ingin Anda diberikan efek sketsa, sebaiknya foto tersebut memiliki ukuran lebar diatas 500 pixel untuk hasil yang lebih maksimal dan juga pilihlah foto dengan latar belakang polos. Dalam contoh ini saya gunakan foto neng Raisa yang umum di temukan di internet, kalau Anda ingin menggunakan foto yang sama dapat mengunduhnya disini.


Langkah 1

Buka gambar di Photoshop. Tekan CTRL+J untuk menduplikat layer background. Klik menu Image> Adjustment> Black & White. Dalam kotak dialog Black and white ini, atur slider yang tersedia untuk meningkatkan kontras area gelap dan terang. Pada contoh ini saya pilih preset Red Filter karena menurut saya memberikan kontras warna hitam-putih yang cukup seimbang.
langkah 1

Langkah 2

Gandakan layer desaturate dengan menekan CTRL+J. Balik warna layer melalui menu Image> Adjustments> Invert, lalu pilih blend mode: Color Dodge. Canvas akan menjadi putih pada langkah ini, dan merupakan hal yang wajar. Bila canvas Anda masih terdapat gambar, pertanda ada langkah yang salah. Coba cek kembali step by step.
langkah 2

Langkah 3

Masih pada layer desaturate copy, klik menu Filter> Blur> Gaussian Blur. Atur nilai Radius tergantung ukuran foto yang diolah, pada contoh ini saya rasa nilai radius 15 pixels sudah cukup memadai. Klik OK untuk menerapkan filter gaussian blur.
langkah 3

Langkah 4

Kembali ke layer desaturate yang asli, lalu tekan CTRL+J untuk membuat duplikatnya. Tarik layer duplikat ini ke posisi paling atas, lalu kli menu Filter> Filter Gallery. Dalam kotak dialog yang tampil, pilih kategori Stylize> Glowing Edges. Atur setting Glowing Edges ini sesuai kebutuhan Anda, pada contoh ini saya memakai setting Edge width: 1, Edge Brightness: 6 dan Smoothness: 4. Klik OK untuk menerapkan filter ini.
langkah 4

Langkah 5

Balik warna layer desaturate copy 2 dengan menekan CTRL+I. Ubah blend mode menjadi Multiply, dengan begini warna putih pada layer tersebut akan disembunyikan sehingga garis-garis efek filter glowing edges menyatu dengan gambar di bawahnya.
langkah 5
dvd tutorial photoshop

Langkah 6

Duplikat layer desaturate sekali lagi, tarik layer ini ke urutan paling atas. Sebelum berlanjut ke penggunaan filter, atur warna foreground dan background ke setting default yaitu hitam untuk foreground, putih untuk background.
Barulah kemudian klik menu Filter> Filter Gallery. Pilih kategori Sketch> Charcoal. Atur setting sesuai kebutuhan Anda, dalam contoh ini setting saya adalah Charcoal Thickness: 1, Detail: 5 dan Light/Dark Balance: 39. Klik OK untuk menerapkan filter Charcoal ini yang fungsinya untuk memberikan simulasi efek goresan pensil.
langkah 6

Langkah 7

Terakhir, ubah blend mode layer desaturate copy 3 ini menjadi Multiply. Selamat, Anda sudah berhasil mengubah foto menjadi sketsa!
langkah 7

Langkah 8 (opsional)

Bila menginginkan efek sketsa berwarna, bisa Anda lakukan dengan cara menduplikat layer background terlebih dahulu. Tarik layer background ini di posisi paling atas.
Pilih blend mode: Multiply, lalu terapkan Filter> Blur> Gaussian Blur dengan nilai radius sekitar 10 pixels. Bila dilakukan dengan benar, efek sketsa ini seolah-olah diberi warna dengan cat air. Nyeni banget kan.
langkah 8 opsional
dvd tutorial photoshop
Bagaimana? cukup mudah untuk diikuti bukan. Silahkan dicoba ya pembaca sekalian, kalau ada waktu silahkan share hasil editan fotonya pada kolom komentar dibawah ini :) Jangan lupa Like dan Share tutorial ini bila bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi