Cara Mengubah Foto Menjadi Graffiti dengan Photoshop

11:14 PM


Suka atau tidak, grafiti ada dimana-mana. Anda bisa melihatnya sebagai seni dari budaya perkotaan atau malah sampah yang merusak di keindahan dinding perkotaan, sangat sulit untuk menghindarinya. Apapun pendapat Anda, kali ini saya ingin berbagi teknik untuk mengubah foto menjadi karya seni graffiti di Photoshop, tanpa modal spraypaint dan resiko dimarahi tetangga Anda.

Langkah 1: Pilih gambar yang tepat

Gambar apa saja boleh, asalkan bisa berubah menjadi hitam dan putih dengan cukup detail (catatan: sebaiknya pilih gambar yang memperlihatkan anggota badan dengan jelas ketimbang sekumpulan orang bermain).


Dalam contoh ini, Gambar pemain skateboard dipilih karena memiliki bentuk yang bisa dikenali, relevan dengan cara kerja seniman grafiti. Seleksi pemain skateboard, lalu masukkan ke dalam gambar tembok bata.


Langkah 2: Gunakan Adjustment Layer Threshold

Gunakan Perintah Threshold untuk mengubah warna gambar menjadi hanya hitam dan putih. Supaya tidak merusak gambar, sebaiknya gunakan layer adjustment saja melalui Klik menu Layer> New Adjustment Layer> Threshold. Atur nilai threshold level atau ikuti saja angka default, lalu klik OK.


Supaya gambar tembok bata tidak terpengaruh efek threshold, pastikan untuk mengubah layer adjustment tersebut menjadi clipping mask dengan menekan Alt+Ctrl+G.


Langkah 3: Dodge & Burn

Gunakan Dodge and Burn tool untuk mencerahkan dan menggelapkan gambar pemain skateboard secara langsung. Karena menggunakan layer adjustment, Anda bisa dengan mudah mencerahkan area yang sangat gelap seperti di bagian perut dan juga menggelapkan bagian yang terlalu terang seperti bagian tangan dan kaki sehingga detail yang hilang bisa ditampilkan kembali.



Langkah 4: Gunakan layer blend mode Multiply

Ubah mode layer pemain skateboard dari Normal ke Multiply, maka semua warna putih akan hilang dan hanya menyisakan bagian gambar yang gelap sebagai catnya. Anda masih bisa menggunakan Dodge dan Burn untuk mencerahkan wajahnya dan menggelapkan bagian tangan ataupun kaki untuk mengembalikan detail yang mungkin hilang.


Tips: ketika menggunakan Dodge atau burn tool, tahan tombol Option atau Alt guna mengakses tool lain untuk sementara waktu.


Langkah 5: Ubah warna catnya

Tambahkan layer adjustment Hue / Saturation Adjustment diatas layer threshold. Terapkan perintah Clipping Mask pada layer hue/saturation ini supaya gambar tembok bata tidak ikut berubah warnanya. Karena Threshold menghasilkan warna hitam solid, Anda harus mengaktifkan opsi Colorize dan menaikkan level Lightness untuk melihat efek perubahan warnanya.


Langkah 6: Efek Cat Menyatu dengan dinding

Graffiti seharusnya tidak sempurna. Untuk menunjukkan sebagian dari kekasaran dinding bata, buka dialog Layer style (klik dua kali pada thumbnail layer gambar pemain skateboard). Di bagian bawah terdapat slider Blend If, pada bagian Underlying Layer, seret segitiga yang berada di sebelah kiri menuju ke kanan untuk mengungkapkan area dinding yang lebih gelap dari pada titik yang Anda tarik.



Langkah 7: Kaburkan Cat dengan Blur

Pinggrian Cat grafiti seharusnya tidak terlihat tajam. Terapkan efek Gaussian Blur (set nilai radius sekitar 1 pixel harusnya sudah cukup memadai) guna menghaluskan tepian cat, memberi kesan tampilan grafiti hasil semprot. Karena kedua proses Threshold dan Hue / Saturation merupakan layer adjustment, Anda dapat mengubah kembali settingnya kapan saja sesuai keinginan.


Kalau belum jelas, kamu bisa Simak tutorial versi video dibawah ini, dan dapatkan link untuk mendownload gambar pemain skateboard dan tembok bata.



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi