Trik Content Aware Scale pada Photoshop

8:55 PM


Apa itu content aware scale? Pernahkah kamu menggunakannya? 

Content aware scale adalah fitur pada Photoshop (versi CS4 ke atas) yang memungkinkan photoshop untuk "mengisi kekosongan pixel dan menjaga proporsi" ketika kamu menarik foto untuk di-resize.

Sebagai contoh, dibawah ini terdapat sebuah canvas yang melebar dan foto seorang guru.


Kita menginginkan foto guru ini mengisi seluruh area canvas. Namun kalau kita gunakan perintah free transform dan menarik foto ini melebar, terlihat bahwa proporsi gambar menjadi tidak seimbang.


Nah, kamu bisa coba perintah content-aware-scale untuk proses transformasi semacam ini. Perhatikan bahwa ketika resize dengan perintah content-aware-scale ini, hasilnya lebih baik meski ada "cacat pixel" pada beberapa bagian gambar, terutama di area bahu.


Jadi disini kita perlu "melindungi" bagian gambar guru supaya tidak ikut tertarik melebar. Langkah pertama yaitu aktifkan Quick mask mode. Seleksi gambar guru dengan warna hitam (tampil merah dalam quick mask mode), dalam contoh ini saya gunakan brush tool untuk menandai area seleksi.


Beralih ke panel Channel, duplikat channel Quick Mask. Setelah itu silahkan kembali ke mode normal (keluar dari mode quick mask) dan deselect.


masih pada panel Channels, pilih Quick mask copy lalu warnai area foto guru yang masih menyisakan warna putih (bila ada). Hal ini untuk memastikan supaya seluruh badan guru terseleksi penuh.


Setelah selesai, balik warna channel dengan menekan CTRL+I. Setelah itu balik ke channel RGB lagi jangan lupa.


Nah, sekarang kamu bisa coba pakai perintah content-aware-scale lagi, tapi jangan lupa pilih Protect: Quick mask copy yang tadi sudah kita edit. Bila dilakukan dengan benar, mestinya kamu bisa menarik gambar melebar tanpa "merusak" bagian foto guru.


Lebih jelasnya, silahkan simak video tutorial dibawah ini:



You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook

Promosi