20 Cara untuk mengatasi kebuntuan ide (bagian 1)

8:29 PM

Sebagai seorang desainer grafis, Anda tentunya pernah mengalami kebuntuan ide. Di saat seperti ini, biasanya Anda mengalami tekanan yang mengakibatkan Anda sedikit frustasi. Tapi jangan biarkan hal ini menggerogoti pikiran Anda, karena inilah saatnya untuk mendefinisikan ulang pencapaian Anda akan pekerjaan. dan pastikan Anda mengetahui batasan antara mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan mana yang bukan.

Jadi inilah 20 cara untuk mengatasi kebuntuan ide, mudah2an bisa menginspirasi kita semua :)

1. Potret-lah sesuatu

Kebanyakan desainer grafis memiliki kamera pribadi, baik itu kamera digital, analog atau kamera Handphone ( yang resolusinya di bawah 2MP nggak masuk hitungan ya : hehe3x ). Jadi mengapa tidak Anda gunakan kamera tersebut untuk menangkap inspirasi yang berada di sekitar Anda? cobalah keluar dan lihat sekeliling Anda, seringkali inspirasi datang dari tempat yang tak di duga-duga. Jadi jangan sia-siakan kamera Anda hanya dengan mengambil sedikit gambar, ambillah gambar sebanyak mungkin. lalu review ulang dalam PC/notebook Anda untuk memanggil kembali inspirasi yang baru saja Anda tangkap.

2. Hubungi Teman Anda

Ada kalanya kita membutuhkan teman sebagai tempat ngobrol atau sekadar curhat. berbincang tentang pengalaman menyenangkan ketika nonton bareng atau sewaktu liburan bersama di bali akan membawa pikiran Anda keluar dari "mode kerja" untuk sementara waktu. Bisa dipastikan ini akan membuat Anda lebih rileks. Tapi ingatlah agar tidak menghubungi teman di waktu yang tidak tepat, bisa-bisa kita mengganggu dia.

3. Baca buku-buku design

Jika Anda tidak mempunyai satu-pun buku bertema desain grafis, maka saya ragukan status Anda :) tidak harus buku komputer, buku tentang desain rumah atau sekedar katalog/kumpulan desain biasanya bisa mendatangkan inspirasi yang luar biasa.

Tapi jangan berhenti di sini, cobalah membaca majalah film, novel atau bahkan komik! siap-siap saja untuk kebanjiran ide :)

4. Bacalah Tutorial

Saat ini sangat mudah menemukan tutorial desain grafis, mulai dari Photoshop, flash, illustator, after effects dan lain sebagainya. Bisa dari internet, buku dan majalah. Namun dari ketiga tempat itu saya paling merekomendasikan internet, selain karena pilihannya lebih banyak dan beragam, Anda juga biasanya mendapatkan banyak hal lain yang bermanfaat. Misalnya link ke situs lain, contoh gambar desain, informasi dan berita tentang software terbaru dan lain sebagainya.

5. Kunjungi website inspirasional

Dengan perkembangan internet yang demikian cepat, tak heran jika semakin banyak situs yang bermunculan. Uniknya, saat ini banyak sekali situs yang di desain dengan sangat cantik. Mengunjungi situs-situs berdesain cantik semacam ini bisa sangat membantu Anda untuk menggali inspirasi.

Saran saya jangan berhenti di satu situs, carilah selalu situs baru untuk menyalakan kembali lampu inspirasi dalam otak Anda! namun ingat agar tidak mengabiskan waktu terlalu lama di sini, Anda punya pekerjaan yang harus di lakukan bukan? jadi kalau sudah ketemu inspirasi yang bagus, catat dan kerjakan segera :)


6. Kerjakan Proyek pribadi

Untuk menjaga kemampuan Anda agar selalu tajam dan up-to-date, jangan segan untuk mengerjakan proyek pribadi Anda. Bisa dengan melukis, membuat website pribadi atau sekedar membuat cover CD untuk lagu-lagu favorit Anda.

Proses ini cukup menyenangkan, karena Anda bisa mengeluarkan kemampuan Anda sekaligus menuangkan idealisme Anda tanpa adanya batasan dari client ataupun tuntutan dari atasan. pikiran kreatif biasanya ditempa dengan melakukan hal ini.

7. Bicaralah dengan rekan seprofesi

Memang tidak semua orang bisa melakukan hal ini, terutama jika And seorang desainer Freelance. Tapi bila Anda memiliki teman yang berprofesi sama, atau kebetulan bekerja dalam perusahaan yang bergerak di bidang desain maka cobalah ngobrol dan tukar pikiran dengan rekan kerja.

Hal ini bisa jadi membuka pikiran Anda tentang suatu hal yang selama ini tidak Anda sadari potensinya. Juga bisa mengurangi stress Anda karena pada dasarnya, manusia butuh curhat :) eh, chatting via YM atau mIRC juga bisa koq. Tapi seperti biasa, jangan sampai curhatan Anda malah mengganggu rekan kerja. Usahakan untuk ngobrol di waktu ia sedang tidak sibuk.

8. Cari sesuatu yang Lucu

Tertawa merupakan obat stress yang paling mujarab. Baik sendirian maupun rame-rame, tertawa lepas membuat Anda lebih rileks dan merangsang otak Anda untuk menjadi lebih kreatif.

Anda dapat mencari cerita-cerita lucu di internet atau menonton video komedi dari youtube dan situs video lucu-lucuan lainnya. jangan ditahan, bila betui-betul lucu, tertawalah sepuasnya :D

9. Sekedar Coretan

Kebanyakan desainer grafis memiliki kebiasaan untuk membuat coretan atau gambar iseng di selembar kertas. Kebiasaan ini sering kita lakukan di kelas sewaktu bosan mendengarkan penjelasan pak guru :) Membuat gambar iseng seperti ini dapat merangsang kreatifitas Anda.

gambarkan apa saja, tanpa tujuan. dari sini bisa jadi Anda menemukan ide yang menarik. Ada kalanya kita harus membiarkan semuanya mengalir dengan sendirinya.

10. Mendengarkan musik

Musik adalah makanan untuk jiwa dan pikiran Anda. Karena musik seringkali mempengaruhi mood Anda sewaktu mengerjakan proyek desain tertentu. Musik apa yang Anda dengar sewaktu mendesain brosur yang elegan? mungkin musik jazz atau alunan saxophone Kenny G?

Akan lebih baik jika Anda dapat bermain alat musik. Tinggalkan pekerjaan Anda sejenak dan mainkan alat musik favorit Anda, bisa jadi gitar, keyboard atau lainnya. Dijamin pikiran akan lebih segar sesudahnya :)

bersambung...

You Might Also Like

2 komentar

  1. wah, bener banget tuh...

    kalo udah seret banget ma idea pasti kayak engga ada kerjaan banget..

    kalo saya sih sekarang desain grafis udah engga sekedar hobi, tapi udah jadi tuntutan hidup neh...

    padahal komit saya engga pengen gitu deh...

    ReplyDelete
  2. hehe yah, begitulah...bikin desain itu memang perkara ide, ide dan ide...soal ngerjainnya gimana itu urusan nanti :) wah, udah jadi tuntutan hidup nih...salut deh

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Promosi