Solusi error instalasi driver wacom intuos draw missing api dll file

8:55 PM

Ceritanya dari dulu kepengen beli drawing tablet, karena pengen belajar bikin concept art dan bikin digital art. Kebetulan beberapa bulan yang lalu ada promo diskon dari salah satu toko online, jadilah saya beli 1 dengan cita-cita jadi digital artist. hehehe

hasil unboxing
Setelah menunggu sekitar 2 hari, barang yang dibeli akhirnya sampai juga kerumah. Gak pake lama, langsung dibuka dan colok ke komputer untuk langsung ujicoba. Tapi kok gak ada reaksi ya? padahal lampu indikator di tabletnya hidup, dan lampu itu juga kedap-kedip waktu pena bergerak diatas area gambar.

"Oh mungkin perlu install driver dulu nih" pikir saya, berusaha tetap tenang dan positif thinking. Lanjut ke proses instalasi driver dari CD bawaan, tapi malah muncul pesan error "api-ms-win-crt-runtime-dll is missing from your computer". Proses instalasi driver pun gagal.


kami mendeteksi Anda membeli tablet ini dengan harga diskon
Sebagai informasi, komputer saya menggunakan OS windows 7 versi 64bit (yup, saya orang jaman old yang belum bisa move on ke windows 10, wakakak :) dan setelah googling sekitar 10 menit, saya mendapatkan beberapa saran yang sepertinya layak dicoba.

Saran dari google:
1. Download dan Update windows
2. Download dan Install visual c++
3. Download dan update driver wacom terbaru

Saya coba satu persatu saran dari google ini, bahkan sampe beberapa kali restart komputer. Tapi tetap saja pesan error tersebut tampil. Update driver wacom juga tidak membuahkan hasil. Usut punya usut, ternyata di forum desain grafis banyak juga yg mengalami hal serupa, ternyata bukan saya sendiri yang dibikin repot sama wacom.

Mungkin komputer saya yang bermasalah? baiklah, sayapun minta tolong teman untuk mencoba menginstall driver wacom intuos ini pada laptopnya yang menggunakan windows 10 64 bit. Tapi ternyata problem yang sama tetap muncul.

"fix ini, drawing tablet nya rusak" adalah kesimpulan yang terngiang-ngiang dikepala saya setelah setengah hari dibikin pusing sama drawing tablet ini.

Berharap masih bisa refund, saya coba hubungi toko online tempat saya membeli wacom intuos ini. Dengan santai mas adminnya bilang udah biasa error itu, dan sayapun dikasih link untuk download driver wacom intuos versi jadul disini :

http://cdn.wacom.com/u/productsupport/drivers/win/professional/WacomTablet_6.3.15-2.exe

Saya coba ikuti sarannya untuk menginstall driver versi lama tersebut, dan voila! alhamdulillah drawing tablet nya langsung konek dengan komputer. Saya jadi bisa gambar-gambar langsung dengan wacom intuos ini.

Oh iya, driver ini udah saya coba dan bisa digunakan untuk windows 7, windows 8 dan windows 10. Bagi kamu yang mengalami masalah serupa, selamat mencoba! Siapa tahu solusi ini juga works untuk tablet wacom intuos draw milik kamu!

gambar hanya pemanis

You Might Also Like

19 komentar

  1. kok saya gak bisa mencet linknya? padahal waktu pake di hp kepencet linknya bisa ke download

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok gan, ini barusan saya klik langsung donlot pake IDM. itu direct link ke file exe, jadi kalo agan ada antivirus atau koneksi lambat, seolah-olah ga ada respon.

      Delete
  2. Alhamdulillah nemu tulisan ini. Udah hampir setahun wacom saya gk kepakai. Udah Coba instal win10 laptop saya bluscreen terus. Coba pake driver terbaru malah gk bisa. Terimakasih

    "Cara instal wacom intuos draw ctl 490 di windows 7"

    ReplyDelete
  3. nga bisa mas saya udah coba ;w; fyi wacom saya ver.2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah ikhlas aja gan :V wkwk kan dibilang siapa tau berhasil. Soalnya ane alhamdulillah works pake trik itu.

      Delete
  4. Kak maaf kalau di wacom one small CLT-472 bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, dicoba aja siapa tau works. kalo gagal bisa uninstall aja, atau sebelum install driver ini silahkan bikin restore point dulu buat jaga-jaga

      Delete
  5. GAN KALO WACOM CTL 472 bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum pernah nyoba sih gan, tapi siapa tau works. kalo gagal bisa uninstall aja, atau sebelum install driver ini silahkan bikin restore point dulu buat jaga-jaga

      Delete
  6. saya coba dulu gan, aq jg baru beli hari ini..
    saya sudah download file nya d wacom ..
    lalu sampailah pd kata suruh restart,
    udah restart kok gak tjd apa apa,,,wacomnya masih belum berfungssi,,
    wacom ctl4100 ku serasa tdk berguna , aq beli 1jt120rb,,
    saya cuba dulu y

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi ikut penasaran nih, works gak driver nya?
      saya baca di forum luar, masalah driver ini udah lumrah buat tablet keluaran wacom.

      Delete
  7. Hallo gan kale di macbook apakah sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya beda gan, tapi saya sendiri gak pakai macbook jadi gak bisa klarifikasi hehe. makasih udah komen

      Delete
  8. Apa di Wacom ctl 472 bisa work ya

    ReplyDelete
  9. maaf min saya kenapa tidak bisa download driver wacom ctl 472 ya?

    ReplyDelete
  10. Terima kasih mas, berhasil, semoga Allah mudahkan urusan-urusannya

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Promosi