Cara Membuat efek Glitch di Photoshop dalam 6 menit saja

10:14 PM

Efek Glitch atau sering juga disebut sebagai Glitch Art bukanlah fenomena baru, karena sudah sering kita lihat di film, video klip musik dan juga videogame. Pada dasarnya, glitch art adalah memberikan efek "rusak" secara sengaja pada gambar atau video, seolah-olah terjadi error pada frame tersebut yang menyebabkan distorsi gambar dan warna.

Pada tutorial ini, kita akan membuat efek glitch yang merupakan kombinasi color dan pixel glitch, berupa distorsi garis horizontal. Adapun contoh inspirasinya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Contoh inspirasi Glitch Effect
Kita mulai dengan mencari gambar yang cocok. Mau pakai foto sendiri juga boleh, tapi saya dapat inspirasi untuk memakai salah 1 ilustrasi dari video game Assassins Creed. Mungkin karena game ini banyak glitch/bug hahaha..

Langsung saja buka google images dan cari gambar dengan keyword "assassin's creed origins". Setelah ketemu gambar yang cocok, copy-paste gambar tersebut ke dalam dokumen baru di Photoshop.
cari gambar keren di images.google.com
Cara paling praktis untuk menghasilkan efek glitch ini adalah dengan menyusun layer seperti ini:
- layer hitam putih tanpa channel merah
- layer hitam putih
- layer warna

Bagaimana cara menyembunyikan channel merah pada layer paling atas? klik kanan saja, lalu pilih Blending options dan hilangkan tanda centang pada opsi Channels: R.
setup layer untuk efek color glitch
Beralih ke Move tool, geser gambar pada layer tersebut ke kiri atau ke kanan. Mestinya kamu sudah melihat efek color glitch warna merah-hijau kebiruan dipinggir gambar.

Kanan kiri ok
Biar lebih berasa retro, yuk kita kasih efek garis scanlines seperti layar tv jaman old. Kamu bisa bikin efek garis scanlines ini secara manual, tapi daripada repot, mending cari saja di google karena ada banyak file scanlines.png siap pakai disana.
mencari dan menyimpan gambar tekstur scanlines
Unduh file gambar scanlines.png lalu masukkan ke urutan layer paling atas. Bila Anda merasa garis scanlines terlalu keras, cobalah mengurangi opacity nya.
Hasil layering texture scanlines
Group semua layer (kecuali layer background) ke dalam 1 layer folder. Selanjutnya duplikat folder tersebut dan gabungkan menjadi 1 layer dengan perintah merge group. Hasil akhirnya seperti ini:
Group semuanya, duplikat lalu gabungkan
Nah, pada layer hasil merge inilah tempat kita membuat efek distorsi garis horizontal pada gambar. Cara paling mudah adalah dengan memakai kombinasi tool seleksi marquee dan move tool.

Langkah-langkah-nya adalah:
1. Buat seleksi horisontal
2. Geser pake move tool ke kiri atau ke kanan
3. Ctrl+D untuk deselect.
4. Ulangi sampai puas.

seleksi, geser, deselect. ulangi.
Optional: untuk efek vintage, tambahkan layer gradient fill seperti contoh dibawah ini.

tips: kamu bisa geser posisi gradient dengan cara menggesernya langsung di kanvas.


Selesai! Tapi kalau kamu mau tambahkan teks seperti pada contoh ini silahkan simak langkah lengkapnya di video tutorial dibawah ini:


Artikelnya bermanfaat? Share artikel keren ini dengan teman-teman kamu di sosmed.
Follow pixelisme di FB, IG dan G+ supaya kamu gak ketinggalan artikel baru.


You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi