20 Cara untuk Mengatasi Kebuntuan Ide ( bagian 2 )

8:11 PM

bagian 1 dapat Anda baca di sini

11.Carilah Hobi

Berada seharian di depan komputer memang cukup melelahkan. Agar pikiran kembali segar, ada baiknya mencoba untuk mengerjakan hobi lain yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan. Misalnya memancing, berkemah, kegiatan outbound, main billyar, catur bahkan memasak adalah contoh kegiatan yang bisa menenangkan pikiran Anda. Seharian menjadi kreatif bisa membuat tegang, karena itu milikilah hobi sebagai pelarian Anda di saat tegang.

12. Jalan-Jalan

Ini merupakan cara paling ampuh bila Anda kehabisan ide, yaitu berjalan-jalan. Baik itu ke mall atau sekedar jalan-jalan di taman cukup efektif untuk mengurangi ketegangan. Usahakan untuk sejenak melupakan pekerjaan yang belum kelar, karena percuma jalan-jalan kalau pikiran masih berada di meja kerja. Santai sejenak dengan berjalan-jalan, menghirup udara segar, mendengarkan suara kicauan burung atau mendengarkan gemericik air seolah-olah menyatukan diri dengan alam. Dengan begini, pikiran Anda akan lebih segar ketika kembali ke meja kerja.

13. Tulis Puisi atau Cerita Singkat

Seringkali sebuah kata-kata atau kalimat “nempel” di kepala Anda sewaktu mengerjakan proyek dari client. Mengapa tidak mencoba membuat puisi singkat berhubungan dengan kata atau kalimat tersebut, atau jika memungkinkan, tuliskan cerita singkat mengenai hal tersebut.
Memang tidak semua orang berbakat menulis, tapi saya yakin kalau sekedar bermain kata-kata saja semua orang pasti bisa  hitung-hitung melatih bagian otak Anda yang lain kan?

14. Carilah lawan kata atau persamaan kata

Dalam proses ketika mengerjakan proyek yang berhubungan dengan penggunaan kata atau istilah tertentu, ada kalanya kita menjadi kurang yakin terhadap kalimat yang digunakan. Apakah kalimat tersebut betul-betul bisa menyampaikan apa yang kita maksud?
Kalau sudah begini, membuka kamus besar bahasa sungguh membantu. Carilah persamaan kata atau bahkan lawan dari kata yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda dapat melihat pengertian sebuah kata melalui sudut pandang yang berbeda.

15. Pergi Berkendara

Jika cuaca memungkinkan, berkendaralah dengan mobil atau sepeda motor kesayangan. Dengarkan musik sembari Anda berkendara. Cobalah untuk melalui jalan yang belum pernah Anda lewati, mencari jalan baru dan bahkan tersesat  tapi usahakan jangan terlalu jauh tersesat, karena Anda harus kembali ke kantor nantinya. Ini kegiatan yang cukup menyenangkan, karena kita tidak pernah tahu apa yang menunggu kita di jalan, mungkin pemandangan bagus atau arsitektur rumah tertentu yang dapat menginspirasi kita.

16. Kunjungi Café Terdekat

Tidak berarti harus ke starbucks, tapi memang pergi ke café dan mencicipi sedikit caffeine dalam kopi dapat merangsang otak. Saya sarankan agar tidak duduk di dalam café, melainkan cobalah duduk di luar karena suasana biasany lebih santai ( bila cuaca memungkinkan ), ada kalanya membawa kertas dan pensil bisa berguna di saat seperti ini, karena ketika pikiran rileks, ide segar bisa tiba-tiba muncul.

17. Bermain Teka-Teki

Kedengarannya mungkin aneh, tapi saya sendiri mengalami ketika menyelesaikan sebuah teka-teki, pikiran menjadi lebih “siap” dan segar. Cobalah mengerjakan salah satu dari banyak teka-teki yang bisa Anda temukan, seperti puzzle gambar atau acak kata. Teka-teki mencari perbedaan dalam dua buah gambar juga bisa berguna, karena sebagai desainer, kita harus cermat meneliti hasil pekerjaan kita agar bebas masalah ( seperti masalah warna, bentuk dan teks ).

18. Tidurlah!

Manfaat dari tidur cukup banyak, seperti mengembalikan energi, meningkatkan fokus dan ingatan. Tidur bisa membantu desainer untuk mengerjakan sesuatu melalui alam bawah sadar tanpa harus memikirkannya secara sadar. Seringkali sebuah solusi atau ide malah datang sewaktu bangun tidur di pagi hari.
Tidur siang juga memiliki dampak yang kurang lebih sama, makanlah sambil bekerja dan gunakan waktu istirahat siang Anda untuk tidur. Hal ini sedikit-banyaknya dapat meningkatkan kreatifitas Anda.

19. Carilah Font baru yang menarik

Mencari font adalah hal menyenangkan untuk di lakukan, terlebih lagi jika bentuknya menarik. Bentuk font yang unik dapat memicu pertanyaan “Bagusnya dipakai untuk apa ya?” dalam benak desainer. Malah ada desainer yang mendesain layout halaman berdasarkan bentuk font yang dia temukan. Jadi lihat dan pikirkan…

20. Bersihkan area kerja

Memiliki meja kerja yang rapi dan bersih dapat membantu kreatifitas Anda. Menyusun ulang meja kerja Anda sama efeknya seperti menyusun ulang pikiran Anda. Rapikan meja kerja sekaligus pikiran Anda, arsipkan dokumen lama, masukkan sketsa kerja ke dalam ruangan khusus dalam meja kerja dan cobalah membuat diri Anda nyaman.
Cobalah untuk menemukan kembali posisi duduk yang nyaman, pastikan monitor atau LCD memiliki refresh rate yang tepat dan area kerja Anda memiliki pencahayaan yang cukup.


Nah, demikianlah 20 cara untuk mengatasi kebuntuan ide. Namun ingat, tidak semua cara ini dapat memberikan hasil positif 100%. Karena sangat tergantung pada pikiran Anda sewaktu melakukannya.

Lupakan usaha Anda untuk menjadi kreatif, karena hal ini malah bisa merusak prosesnya. Pokoknya kerjakan saja hobi atau selesaikan puzzle tanpa memikirkan hal lain. Lihat hasil karya desainer lain tanpa perlu berusaha menjadi sok kreatif. Lihat, dengar, rasakan dan terinspirasilah dengan sendirinya. Inilah cara paling efektif.

Nah bagaimana menurut Anda? Jika dirasa ada langkah yang menurut Anda kurang tepat, silahkan kirim komentar langsung. Saya tunggu loh… selamat mencari ide 

You Might Also Like

2 komentar

  1. nice info neh mas, makasih banyak ya...

    ReplyDelete
  2. sama-sama... maaf nih belum sempat nulis tutor animasi :( deadline

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Promosi