Cara Membuat Cover Thumbnail Youtube podcast – Tutorial Photoshop

11:25 PM



Salah satu taktik meningkatkan jumlah view dari channel youtube kamu adalah dengan membuat thumbnail video yang menarik. Karena apa yang kamu tampilkan pada thumbnail video sama pentingnya dengan teks judul.


Jangan gunakan thumbnail standar yang merupakan hasil potongan dari video kamu, melainkan edit dan desain secara manual komposisi nya. Karena selain bertujuan clickbait di Youtube, thumbnail video kamu juga muncul di halaman pencarian Google loh!


Kelebihan memakai photoshop dibanding aplikasi smartphone:
Kebebasan ketika menyusun komposisi gambar dan teks, tidak terikat template yang kaku.
Bisa diedit ulang bila ada kesalahan.
Mendesain di layar laptop yang besar tentu lebih leluasa dibanding layar smartphone.
Tanpa watermark.

Ukuran terbaik untuk thumbnail youtube adalah 1280x720 pixel, ini merupakan rekomendasi resmi dari Youtube guys. Kenapa menggunakan thumbnail berukuran besar? Karena youtube tidak hanya diakses melalui smartphone, melainkan juga dari layar desktop bahkan tv berukuran besar.

Jadi secara logika, tentu lebih baik mengecilkan gambar ukuran besar ketimbang sebaliknya, bukan begitu? Dengan begini, kualitas thumbnail akan selalu tajam di semua ukuran layar.

Persyaratan tambahan untuk file thumbnail youtube ini:
File harus dalam salah 1 format yaitu .JPG, .GIF, .BMP atau .PNG
Ukuran file tidak boleh diatas 2MB.

Dalam artikel ini, Saya akan mengajak Anda untuk mendesain thumbnail video untuk tujuan content podcast. Simak step-by-step ya guys.

STEP1 : 
Tekan Ctrl+N untuk membuat sebuah dokumen baru berukuran 1280x720 px.


STEP 2: 
Cari foto yang akan diolah. Dalam contoh ini kita gunakan foto closeup 2 member dari jkt48. Saya pilih foto ini karena latar belakangnya yg polos. Salin foto ini ke dalam dokumen yang kita buat sebelumnya. Sembunyikan sebagian latar menggunakan teknik layer mask.



STEP 3 : Klik menu Layer> New> Layer Adjustment > Color Lookup. Dalam panel Color Lookup ini, pilih 3DLUT File : silmstock_50.3dl.


STEP 4: Berikutnya tambahkan layer adjustment Gradient Map. Ubah kombinasi warna gradasi dengan memilih warna ungu dan oranye.


STEP 5: Bila 2 langkah sebelumnya dilakukan dengan benar, warna foto akan berubah menjadi efek duotone (ungu dan oranye).


STEP 6: Selanjutnya tambahkan teks judul video youtube kamu. Gunakan Type tool dengan jenis font yang mudah dibaca dan atur warna teks menjadi kuning lemon supaya kontras dengan warna foto.


STEP 7: Karena contoh ini adalah video podcast, maka saya juga menyertakan simbol audio di salah 1 sudut gambar. Gunakan Custom Shape tool untuk membuat simbol audio tersebut.


STEP 8: Selanjutnya buatlah seleksi memakai Rectangular Marquee tool pada bagian teks nama. Klik menu Edit> Copy Merged atau tekan Shift+Ctrl+C.


STEP 9: Salin teks hasil perintah copy merged melalui menu Edit> Paste. Bila dilakukan dengan benar, kamu akan mendapati sebuah layer baru.


STEP 10: Tekan Ctrl+I untuk membalik warna layer baru tersebut & selesai sudah. Jangan lupa untuk menyimpan file ini dalam format jpg supaya bisa di upload di sebagai cover video youtube kamu gaes!


Bila postingan ini bermanfaat, jangan lupa share di sosmed kamu supaya lebih banyak orang yang mendapat manfaatnya. Ada pertanyaan atau ide untuk tutorial berikutnya, silahkan tulis di kolom komentar.

Salam Pixelisme. 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi