Cara Membuat Cover Thumbnail Youtube gaming – Tutorial Photoshop

9:25 PM

Pada tutorial sebelumnya, Anda sudah mempelajari apa saja syarat dasar untuk membuat sebuah thumbnail youtube yang baik dan benar. Nah, contoh kali ini akan mengajak Anda untuk membuat desain cover ala youtuber gaming. Ayo kita mulai saja.


STEP 1: 
Langkah pertama adalah memilih objek utama sebagai clickbait pada cover youtube Anda. Bisa menggunakan foto sendiri atau boleh juga memakai file jpg dibawah ini.


STEP 2:
Seleksi lalu salin objek utama ke dalam sebuah kanvas berukuran 1280x720 pixel ( ukuran standar untuk cover youtube). Atur ukuran dan posisinya di tengah kanvas.


STEP 3: 
Tambahkan layer style Drop Shadow. Supaya unik, pilih warna kuning terang sebagai warna shadow. Ubah blend mode: Normal, Opacity: 100%, Distance: 10 dan sesuaikan nilai angle supaya efek shadow terlihat di sebelah kanan model.




STEP 4:
Gunakan Google untuk mencari gambar background game yang diinginkan. Dalam contoh ini saya pakai wallpaper dari game CODm. Sisipkan layer gambar CODm ini dibawah layer model, turunkan opacity nya sekitar 40%.


STEP 5:
Untuk membuat efek cipratan darah (blood splat), Anda memerlukan custom brush yang bisa dicari dan di download dari web brusheezy.com atau website brush gratisan lainnya. Biasanya file brush ini dalam 1 file zip/ rar, jadi Anda perlu ekstrak file tersebut lebih dulu untuk mendapatkan file dalam format .abr.


STEP 6:
Step berikutnya adalah me-load brush tersebut ke dalam Photoshop. Aktifkan Brush tool, lalu klik tombol Load Brushes. Dalam kotak dialog yang tampil, cari lalu pilih file .abr yang baru saja Anda ekstrak.


STEP 7:
Selanjutnya Anda bisa memilih bentuk brush yang diinginkan. Siapkan sebuah layer baru, lalu gunakan brush tool warna merah untuk membuat efek cipratan darah.


STEP 8: 
Tentu biar lebih “clickbait”, cover video youtube ini harus menyertakan teks yang mengundang klik. Gunakan Type tool untuk menuliskan teks. Beri efek gradasi dan bermainlah dengan jenis font/ warna untuk mendapatkan hasil yang menarik.


STEP 9:
Terakhir, supaya lebih authentic, tambahkan logo game bersangkutan (cari di google images, ada banyak). Jangan lupa untuk menyimpan file ini dalam format jpg supaya bisa di upload di sebagai cover video youtube kamu gaes!


Bila postingan ini bermanfaat, jangan lupa share di sosmed kamu supaya lebih banyak orang yang mendapat manfaatnya. Ada pertanyaan atau ide untuk tutorial berikutnya, silahkan tulis di kolom komentar.

Salam Pixelisme. 

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi