Cara Desain Youtube Channel Art dengan Photoshop

7:08 AM


Buat kamu yang belum ngeh, Channel art adalah banner gambar yang tampil pada bagian atas channel youtube. Kamu bisa menggunakan banner art yang kamu desain sendiri supaya tampilan profil channel kamu lebih keren.


Kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk mengganti channel art dari video tutorial dibawah ini:


Perlu kamu ketahui,  syarat minimal untuk ukuran gambar channel art ini adalah 2560 x 1440 pixel.

Gambar yang kamu upload akan ditolak bila tidak memenuhi syarat tersebut. Karena youtube bisa diakses dari desktop, mobile dan TV, maka channel art kamu juga akan tampil sesuai gadget yang mengaksesnya.
Tidak ada aturan khusus dalam mendesain channel art, selama anda memenuhi syarat ukuran minimum maka youtube akan menggunakan channel art yang telah kamu upload.

Dalam tutorial ini, contohya adalah channel youtube fiktif bernama “gadis kuliner”.

Persiapan:

STEP 1: 
Buka file psd template youtube art. Dari template ini, kamu bisa melihat bahwa area paling besar akan tampil pada layar televisi. Sedangkan area yang berukuran lebih kecil akan tampil pada gadget seperti tablet, laptop dan smartphone.



STEP 2:
Tampilkan ruler [Ctrl+R]. Buat 2 buah guideline horizontal dan 2 buah guideline vertikal guna  menandai “safe area” untuk tampilan minimum desktop. Selanjutnya sembunyikan layer folder Spec.
Safe Area:  yaitu bagian gambar youtube art yang tampil pada semua ukuran layar. 



STEP 3:
Isi layer background dengan warna kuning (atau warna lain yang anda suka). Masukkan gambar food doodle.jpg lalu sesuaikan ukurannya supaya menutupi seluruh area kanvas. Ubah blend mode nya menjadi Color Burn.



STEP 4:
Buka gambar tzuyu.jpg, (atau foto lain yang mau anda edit) lalu gunakan tool seleksi favorit kamu. Dalam contoh ini, saya menggunakan Lasso tool untuk membuat seleksi cepat. Tidak perlu terlalu rapi, karena pinggiran seleksi ini nantinya akan kita beri efek.



STEP 5:
Salin foto tzuyu ke dalam template, atur ukuran dan posisinya supaya muat di dalam “safe area”.
Tambahkan layer style stroke dan drop shadow pada layer gambar tzuyu.




STEP 6:
Buka gambar food art.png, gunakan magic wand tool untuk menyeleksi latar putih. Balik area seleksi (tekan Shift+Ctrl+I) lalu copas food art ke belakang layer gambar tzuyu.



STEP 7:
Tambahkan teks judul channel, yaitu “Gadis Kuliner”. Pastikan memilih font yang menarik namun tetap mudah dibaca.


STEP 8:
Duplikat layer teks “Gadis Kuliner”, lalu ubah nama kedua layer tersebut menjadi “judul A1” dan “judul A2”.


STEP 9:
Tujuan kita adalah membuat efek double stroke alias garis luar ganda pada teks ini. Untuk itu, terapkan layer style stroke warna hitam pada layer teks “judul A1” yang berada diatas. Setelah itu, terapkan layer style stroke warna putih dan drop shadow pada teks “judul A2” yang berada dibawahnya.



STEP 10: 
Tambah teks slogan “jelajah cita-rasa kekinian” dibawah teks judul utama.


STEP 11:
Tambahkan layer baru, gunakan hard round brush tool warna hitam berukuran 4 px untuk membuat garis blink-blink di sekeliling tersebut.


STEP 12:
Setelah selesai, jangan lupa untuk Save as sebagai file jpg untuk selanjutnya Anda upload ke youtube.

Bila postingan ini bermanfaat, jangan lupa share di sosmed kamu supaya lebih banyak orang yang mendapat manfaatnya. Ada pertanyaan atau ide untuk tutorial berikutnya? silahkan tulis di kolom komentar.

Salam Pixelisme.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Promosi